Selamat Datang di Blog Amanah Islamic PreSchool

10 cara bikin anak senang membaca


"Iqro Kitabak" (bacalah buku mu) begitulah kutipan dalam Al-Qur'an, sungguh Allah telah menurunkan AlQur'an dengan benar. Dalam peradaban Manusia , Buku adalah sumber ilmu pengetahuan. Bagaimana caranya membuat anak-anak gemar membaca menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua dan Guru.

Sepuluh cara membuat anak senang membaca menurut Oprah:

1.Buatlah daftar buku-buku yang dapat Anda baca bersama dengan anak, dan lihatlah seberapa banyak mereka membaca. Apakah itu dua halaman ataupun 200 halaman, catatlah kemajuannya.

2.Pastikan bahwa anak-anak dapat menjangkau buku-buku yang ada di rumah dengan mudah. Jika buku cerita "Dr Seuss" lebih dekat daripada Digital Video Recorder (DVR), maka anak-anak akan lebih mungkin menggapainya daripada nonton video.

3.Jadilah contoh dengan membaca sendiri. Anak-anak pasti akan segera mengikuti.

4.Bukan hanya buku yang dapat dibaca. Seperti halnya Anda suka membaca majalah, ajarkan hal yang sama pada anak-anak untuk membaca apa pun yang mereka suka seperti komik, bahkan buku petunjuk game pun bisa membuat mereka suka membaca.

5.Radio bukan satu-satunya yang dapat anda dengarkan. Mintalah pada anak-anak untuk membaca keras-keras, sehingga Anda bisa mendengarkan. Jadi Anda dapat mengetahui kemajuan yang mereka capai dan mengetahui kesulitan yang mungkin mereka hadapi.

6.Untuk acara-acara khusus, berikan hadiah buku untuk anak anda dengan bungkus yang menarik.

7.Anak-anak belajar membaca pada kecepatan yang berbeda. Berikan mereka waktu untuk membaca, dan tidak perlu memberi target per halaman.

8.Tinggalkan buku disamping tempat tidur anak-anak. Jika anda menganjurkan mereka agar membaca beberapa menit setiap malam sebelum tidur, maka mereka akan menjadi rajin membaca buku tanpa kenal waktu. Akhirnya Anda juga akan diminta membacakan buku dengan suara keras pada mereka. Setelah semuanya itu, apa yang lebih baik selain cerita sebelum tidur?

9.Saat liburan sekolah, tetap anjurkan anak-anak untuk membaca secara teratur. Hal ini akan membuat mereka lebih pandai saat kembali ke sekolah. Daripada melihat anak-anak bertengkar, lebih baik bersantai sambil membaca.

10.Semua anak-anak senang berpetualangan. Buatlah petualangan kecil saat pergi ke perpustakaan atau ke toko buku. Hal ini akan sangat menyenangkan mereka sehingga membuat mereka terus ingin pergi ke sana.(oprah.com/LUC)

2 comments:

mulyan ningsih said...

anak saya berumur 3tahun lebih 10bulan,skarang ini sudah iqro 5 dan bacalah 3.semenjak liburan ini minat bacanya agak berkurang,bahkan kadang tidak mau baca sama sekali.padahal saya sudah selalu mengajaknya baca,tapi tetep tidak mau,kalau mau juga kadang hatinya seperti tidak mud jadi asal asalan,kalau salah dibetulin malah marah-marah trus nangis.dalam pikirannya buru-buru mau nonton TV melulu,sedang TV sudah dimatikan.bagaimana menghadapi anak yang seperti ini?

Anonymous said...

Anak2 usia 3-4 tahun adalah saat dimana anak mulai belajar mengenali keinginannya sendiri bahkan kadang mulai cendrung membantah kata2 orang tuanya yg tidak sesuai dgn keinginannya. ini hal yang wajar dan disinilah peran orang tua dlm mengarahkan anak, sebagai orang tua kita dituntut utk bijaksana dan sabar dlm mendidik. kemudian sesuai dgn poin 7 artikel ini "Anak-anak belajar membaca pada kecepatan yang berbeda. Berikan mereka waktu untuk membaca, dan tidak perlu memberi target per halaman" anak usia di bawah 4 thn sudah mencapai iqro 5 adalah prestasi yg luar biasa, seperti jg org dewasa anak2 jg suatu saat akan mengalami kejenuhan dlm belajar oleh karenanya mereka perlu kita ajak refreshing, sesuai poin 10 "Semua anak-anak senang berpetualangan. Buatlah petualangan kecil saat pergi ke perpustakaan atau ke toko buku" ini bisa di jadikan alat refreshing utk menghilangkan kejenuhan dan sering2lah memberikan hadiah sebagai penghargaan buat mereka dan utk memotivasi mereka dlm belajar.

Post a Comment

Waktu Sholat

"Dirikanlah Sholat, Sesungguhnya Sholat Mencegah Perbuatan Keji dan Munkar"